Solusi Saham

SELAMAT DATANG DI SOLUSISAHAM SANGAT SENANG JIKA DAPAT MEMBANTU ANDA , SEMUA YANG DATANG SEBAGAI TAMU AKAN TINGGAL SELAYAKNYA SAUDARA

ARTIKEL

Wednesday, 28 August 2019

HASIL PUBEX 2019 Jasa Marga ,tbk (JSMR)


HASIL PUBEX 2019
Jasa Marga (JSMR)

1. Lingkungan bisnis di jalan tol:

a. Masalah pembebasan lahan, saat ini menggunakan aturan tahun 2016 dimana saat ini menilai harga tanah menggunakan harga wajar
b.Proyek yang ditender harus layak secara komersial. Contoh: skema Viability Gap Funding (VGF) dimana proyek yang memiliki IRR rendah sebagian konstruksinya dibiayai APBN.
c. Konsesi jalan tol memiliki jangka waktu 35-50 tahun
d. Tarif tol akan disesuaikan tiap 2 tahun
e Dengan adanya transaksi cashless akan kurangi kepadatan lalu lintas sehingga lebih efisien
f Tidak ada jaminan untuk proyeksi volume lalu lintas kendaraan.

2. JSMR sendiri memiliki 33 konsesi jalan tol dimana 13 ruas adalah tol lama dan pangsa pasar JSMR 60% dengan panjang hak konsesi 1.527 km dan yang sudah beroperasi 1.041 km.

3. Adapun penambahan operasi jalan tol di 1H19 adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi VII (9.26 Km), Gempol-Pandaan (1.6 Km), Pandaan-Malang Seksi I-III (30.6 Km).

4. Target tol 2020: Cengkareng-Kunciran, Probolinggo-Banyuwangi, Menado-Bitung. Dan per akhir 2019 ini ditargetkan Cikampek II elevated beroperasi.

5. Katalis JSMR:

a. JSMR kembangkan FLO => aplikasi untuk bayar tol terintegrasi dengan uang elektronik yang tersimpan di server LinkAja. Jadi nanti tidak perlu berenti dan tidak perlu tap jika ingin bayar tol. Akan tetapi ini menunggu keputusan Pemerintah untuk gunakan teknologi apa? RFID (stiker) atau DSIC (card reader). Saat ini FLO masih uji coba dan sudah ada di 40 gerbang, targetnya akhir tahun 200 gerbang, baru nanti launching.
Fungsi FLO ini untuk jalan tol lancer agar traffic makin banyak sehingga revenue naik

b.*Target ke depan Perseroan juga akan kembangkan kawasan di sekitar toll (efek sekitar 20% dari total revenue).

c. Konektivitas seperti di TransJawa membuat traffic menjadi lebih tinggi sehingga traffic yang sudah tercapai saat ini sudah melebihi target Perseroan tahun ini.

d. Cashless membuat JSMR lebih efisien dari segi HR dan operasi jalan tol.

e. Bulan lalu groundbreaking IoT lab untuk kembangkan BIG DATA untuk operasional tol ke depan. Fungsinya melakukan pemetaan consumer rata2 pergi kemana dan siapa yang menggunakan jasa tolnya. JSMR memiliki 44 juta transaksi per hari.

f. Untuk financing, JSMR akan terbitkan Step Up dan Zero Coupon Bond
Selain itu, tidak menutup kemungkinan untuk buat KIK dinfra dll untuk setiap ruas toll untuk minimalisasi Debt. Target interest bearing debt di bawah 5x. Saat ini hanya sktr 1.6x per 1H19.


Regards
Andre MPP

No comments: