Solusi Saham

SELAMAT DATANG DI SOLUSISAHAM SANGAT SENANG JIKA DAPAT MEMBANTU ANDA , SEMUA YANG DATANG SEBAGAI TAMU AKAN TINGGAL SELAYAKNYA SAUDARA

ARTIKEL

Wednesday, 28 August 2019

HASIL PUBEX 2019 Semen Baturaja tbk (SMBR)




HASIL PUBEX 2019
Semen Baturaja (SMBR)

1. Perseroan memiliki 4 wilayah operasional, masing-masing di Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka belitung, dengan market share terbesar per 1H19, Bengkulu (7%), Lampung (24%), Sumatera Selatan (64%), Bangka Belitung (7%), dan Jambi (15%). dengan demand terbesar di wilayah Lampung (945K ton), Sumatera Selatan (616K ton), Jambi (359K ton).

2 Pada semester-I 2019, demand semen nasional rata-rata turun, di pulau Jawa sebagai demand terbesar, secara YoY turun -2.8%, sedangkan wilayah operasional SMBR di Sumbangsel mengkontrbusi 8.6% dari total demand semen nasional, pada 1H19 turun -8.6%.

3. Manajemen menuturkan, pada semester-I demand semen cukup terganggu karena adanya Pilpres, sedangkan pada semester-II diekspketasi akan membaik.

4. Bagaimana dengan pandangan manajemen terkait untuk meningkatkan pangsa pasar di wilayah Jambi? SMBR memandang, Jambi masih memiliki jalan yang kurang proporsional, perjalanan dengan menggunakan truk cukup lama, maka dari itu perseroan akan mencoba untuk memakai kereta api dan berharap mampu meningkatkan penjualan dengan efisiensi waktu yang lebih baik kepada customer.

5. Kinerja SMBR di 1H19, secara umum tidak terlalu positif, hal ini dikarenakan demand semen di wilayah pasar SMBR mengalami penurunan yang signifikan.

6. Kinerja produksi SMBR di 1H19 hanya naik +1.3%, dengan komposisi penjualan PCC 82%, OPC type V 1% dan OPC type I 17%.

7. Total Aset SMBR di 1H19 naik +1%, total liabilitas +3%, dan ekuitas -1.52%
disebabkan oleh pembayaran dividen.

8. Terkait dengan kenaikan beban penjualan di 1H19, ada reklasifikasi account yang di pindahkan dari beban pokok penjualan ke pos beban penjualan, yang membuat laba usaha menyusut menjadi 11% dibanding periode yang sama tahun lalu di level 34%. one time charge

9. Terkait dengan strategi investasi, SMBR sedang membangun pabrik baturaja III, dengan kapasitas produksi sekitar 2 juta ton. secara historis pembangunan pabrik membutuhkan dana sekitar Rp4 triliun, dan untuk pabrik baru III masih akan di hitung agar sesuai dengan ROI-nya. untuk pendanaan sebagian akan memakai pinjaman eskternal.


Regards
Andre MPP

No comments: